Review Penggunaan Air Filter / Filter Udara Ferrox

"Perlu disampaikan sebelumnya, artikel ini dibuat bukan endorse/mendapatkan bayaran dari pihak ferrox, ini pure karena saya mau mencoba sendiri Filter Udara yang tidak perlu diganti-ganti biar lebih ekonomis aja...."

Berikut Review sehari penggunaan Air Filter / Filter Udara Ferrox di  Nissan March saya,

Setelah Air Filter / Filter udara diganti ke Ferrox, Tarikan mesin terasa lebih enteng dari sebelumnya, wajarlah, karena Air Flownya lebih besar dibandingkan yang OEM sehingga suplai udara /oxygen lebih banyak ke ruang bakar (katanya sih bisa meningkatkan torsi & tenaga hingga +/-0,5HP), tapi..... ada tapinya nih...... ada plus minusnya untuk penggunaan Air Filter Ori dan Air Filter sejenis ferrox ini:

1. Kerapatan celah filter, masih lebih rapat Air Filter Ori dengan kerapatan 15-25 micron, yang artinya penyaringan debu filter ori lebih baik, dibandingkan sejenis Ferrox ini, namun konon katanya kerapatan 45 micron dari si ferrox ini masih masuk dalam angka toleransi sih.

2. Air Flow, kerapatan filter pastinya ada pengaruh pada suplai udara ke throttle/intake/ruang bakar, oleh karena itu performa akan lebih terasa joss ketika menggunakan Air Filter sejenis Ferrox ini, namun ada harga yang harus dibayar, yaitu pasti debu halus akan mudah tembus ke throttle/ruang bakar.



Sehingga kesimpulan saya:
  1. Jika sudah menggunakan Air Filter / Filter udara ferrox seperti ini atau sejenisnya, air filter harus rajin dibersihkan, sesuai petunjuk atau rekomendasi produknya sih, dibersihkan setiap 5.000 Km jika mobil sering digunakan dalam kondisi normal, dan dibersihkan setiap 2.000 Km jika sering digunakan dalam kondisi berdebu, agar supaya debu yang menempel di filter tidak terdorong dengan penumpukan debu baru akibat hisapan dari throttle/intake
  2. Harus lebih rutin membersihkan Ruang Bakar (Tune Up, Carbon Clean atau bisa juga menggunakan fuel cleaner seperti pada link berikut https://nissanmarchid.blogspot.com/2019/02/fuel-system-cleaner-redline-nissan-march.html)
  3. Gunakan BBM dengan kualitas yang baik, konon katanya jika pembakarannya bagus, debu halus akan ikut terbuang dengan baik juga, sehingga tidak menumpuk di ruang bakar.
  4. Jika sering digunakan dalam kondisi yang sangat berdebu, sebaiknya gunakan Air Filter yang OEM saja.
  5. Akan saya review kembali efek Positif dan Negatif setelah si ferrox ini dipakai lebih lama pada Nissan March saya yah.




Review Tambahan 25 Agustus 2019:
sejak saya post artikel ini disaat pertama kali saya menggunakan Filter Udara Ferrox  untuk Nissan March saya pada 25 Mei 2019, berikut penampakan box filter udara dan filter udara ferrox setelah kurang lebih 3 bulan saya gunakan dengan intensitas pemakaian kebanyakan digunakan hanya pada weekend saja dengan medan jalan perkotaan, untuk peningkatan performa seperti review awal saya, tarikan masih terasa lebih baik dibandingkan menggunakan filter udara biasa, namun ada sedikit konsekuensi yaitu debu halus yang tembus tentunya lebih banyak dibandingkan menggunakan filter udara biasa, namun untuk tekstur debunya sangat halus dan seharusnya masih bisa ikut terbuang pada saat pembakaran.

Terlihat debu halus pada box filter udara yang akan masuk ke throttle (setelah filter udara)

Filter udara masih dalam kondisi bagus dan tidak kotor

untuk review berikutnya akan saya bandingkan dengan penggunaan dalam jumlah KM

Comments