Nissan March tiba-tiba mati dan tidak bisa di starter - Masalah Fuel Pump Nissan March

Halo sobat-sobat march sekalian,

Saya ingin membagikan pengalaman yang terjadi pada marmut saya,

Pada suatu ketika, once upon a time (kayak dongeng saja, hehehe) saat parkir dengan kondisi mesin nyala (idle), tiba-tiba marmut saya mati dan tidak bisa di starter. (untung aja gak mati tiba2 saat lagi jalan apalagi di kondisi jalan macet)

Setelah cek ini, cek itu, coba ini, coba itu, sampe bingung, karena saya sudah melakukan beberapa pengecekan seperti: AKI kondisi masih bagus, dinamo start masih bagus (meringkik tapi gak mau hidup), sudah didorong (marmut saya MT) tidak mau hidup juga, cek sekring, relay ok semua, (harap maklum, pengecekan orang awam)

Langsung feeling saya pasti kena Fuel Pumpnya, karena beberapa bulan sebelum kejadian tersebut, mulai terdengar desingan di jok belakang, apalagi pada saat menempelkan telinga di jok belakang akan kedengaran desingan muncul dari bawah jok, karena Fuel Tank march tepat di bawah jok belakang.

Terpaksa marmutnya ditarik/towing ke rumah, dan keesokannya menghubungi pihak Bengkel Resmi Nissan dan mereka mengirimkan Nissan Mobile Service ke rumah saya, setelah dicek dan di analisa sama pak mekaNik, ternyata benar pelaku yang menyebabkan marmut saya mogok adalah si Fuel Pump, dan rekomendasi dari pak mekaNiknya Fuel Pump harus diganti.

setelah dilakukan penggantian Fuel Pump, akhirnya marmut saya berhasil dihidupkan kembali. karena penasaran, saya bersama pak Nik membongkar Fuel Pump yang rusak, dan kondisinya sudah ada endapan berwarna cokelat kehitaman seperti lumpur.

dan sedikit chit chat dengan pak Nik, hal tersebut dikarenakan kualitas BBM atau kualitas SPBU, dan pak Nik juga memberikan saran, untuk menggunakan BBM yang berkualitas baik, dan ketika kita akan melakukan pengisian BBM di SPBU, dan melihat ada Truk Tanki, sebaiknya cari SPBU lain. (tapi lihat dulu sih tanki yang membawa jenis bbm apa)
Mengapa demikian? dikarenakan, kemungkinan BBM di SPBU tersebut sudah mau habis, sehingga jika kita melakukan pengisian, endapan-endapan pada tank spbu akan berpindah ke tanki mobil kita, dan kemungkinan berikutnya, si Truk Tanki baru selesai mengisi kembali tank SPBU, dan jika baru selesai, maka endapan-endapan yang pada tank spbu tersebut belum terendam. (konon katanya sih begitu)

oh yah, hampir lupa.... terkait biaya yang saya keluarkan pada saat itu berkisar Rp. 1.9 juta  (Spare Part+Jasa Service)

Berikut penampakan Fuel Pump (pompa bensin) / Filter Bensin Nissan March




Kode Part Fuel Pump Nissan March

lihat juga: https://nissanmarchid.blogspot.com/2019/02/edisi-bersih-bersih-fuel-pump-cleaning.html

Comments

  1. Cara ganti fuel filter nissan march bagaimana gan? Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan lihat artikel ini

      https://nissanmarchid.blogspot.com/2019/02/edisi-bersih-bersih-fuel-pump-cleaning.html

      Delete
  2. Nisan match sy pincang sudah ganti busi tapi di stater tidak mau hidup..dipaksa starter hidup langsing mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah cek batang coilnya? biasanya ada retak atau pecah sehingga terjadi misfire, atau sekalian cek coilnya juga

      ada kemungkinan juga jika fuelpump tersumbat parah atau bahkan motor fuelpump udah lemah, tidak ada supply bbm ke injector, sehingga saat starter hidup langsung mati

      Delete

Post a Comment