Cara Mengganti Sendiri (DIY) Oli Mesin dan Filter Oli Nissan March

Halo Sobat March,


Kali ini saya ingin membagikan bagaimana cara mengganti (DIY - Do It Yourself) Oli Mesin dan Filter Oli Nissan March, bagi yang belum tau dan pengen mencoba sendiri silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

Alat yang digunakan :
1. Kunci ukuran 14 (disarankan kunci shock)
2. Kunci Filter Oli (disarankan yang berbentuk mangkok agar lebih aman untuk filter oli)
3. Tang untuk membuka tutup oli (oil cap)
4. Wadah untuk menampung pembuangan oli bekas

Langkah-Langkah :
1. Buka Oil Cap/Penutup Oli pada bagian atas mesin jika tidak bisa dibuka dengan tangan kosong dapat menggunakan tang (sebaiknya lapisi dengan kain agar oil cap tidak lecet), tujuan oil cap dibuka agar oli yang dibuang akan lebih lancar.

2. Buka baut pembuangan oli menggunakan kunci 14 (berlawanan arah jarum jam) yang terletak pada bagian bawah carter (oil pan), dan oli bekas langsung ditampung ke wadah yang sudah disiapkan.

3. Buka Filter oli menggunakan kunci khusus filter oli (berlawanan arah jarum jam), tampung sisa-sisa oli yang ada pada bagian filter oli dengan menggunakan wadah yang sudah disiapkan

4. Jika memiliki Kompressor, tiup melalui lobang oil cap dengan menggunakan kompressor agar oli yang dibuang lebih maksimal, tapi hati-hati agar tidak ada kotoran/benda lain yang masuk melalui lobang oil cap, jika tidak memiliki kompressor seperti saya, saya diamkan saja semalaman agar oli bekas bisa turun/terbuang lebih maksimal

5. Tutup kembali baut pembuangan oli (searah jarum jam) yang terletak pada bagian bawah carter (oil pan), namun sebelum itu, bersihkan dulu bagian oil pan, agar tidak ada kotoran yang terdorong melalui pemasangan baut.

6. Pasang Filter Oli yang baru, namun sebelum itu bersihkan dulu jika masih ada kotoran/oli bekas, dan lumasi karet pada filter oli baru dengan menggunakan sedikit oli (bisa di oles menggunakan jari), agar karet pada filter oli tidak mengalami keausan saat dikencangkan.

7. Tuangkan 3 Liter oli melalui lobang oil cap


8. Start Mesin, dan cek jika ada kebocoran pada bagian tutup pembuangan oli dan pada filter oli

9. Selesai


info harga (harga beli di beres pada saat tulisan ini dipublish):
1. Oli Mesin : 77rb/liter (belum termasuk ppn/vat)
2. Filter Oli : 34rb (belum termasuk ppn/vat)

Referensi ukuran kunci Filter Oli Nissan March
https://nissanmarchid.blogspot.com/2019/05/ukuran-kunci-filter-oli-nissan-march.html

Mau tau oli yang cocok untuk Nissan March silahkan cek ini:
https://nissanmarchid.blogspot.com/2018/06/mengenal-sae-dan-api-pada-oli-mesin.html

Comments

Post a Comment