Mengatasi RPM turun hingga 500 dan mesin bergetar pada Nissan March

Belum lama setelah postingan ini saya buat, marmut (march imut) saya mengalami kondisi RPM sering turun hingga 500 sampai mesin bergetar, paling gak enak pada saat macet-macet dan mobil serasa mau runtuh karena getaran tersebut.

Saran saya sih, bisa dengan melakukan Tune Up dan sekalian penggantian busi (jika memang sudah perlu) ke BeRes (Bengkel Resmi) Nissan terdekat.

namun saya ingin share terkait bagaimana cara saya mengatasinya sendiri, jika mau mengikuti cara ini silahkan dengan catatan resiko ditanggung sendiri yah... hehehe

1. Lepas Air Filter box yang terhubung ke Throttle Body, lihat gambar dibawah ini, buka/lepas bagian yang sudah saya tandai merah, lalu copot Air Filter Box


2. Selanjutnya saya membersihkan bagian dalam Throttle menggunakan Tissue (sejauh yang bisa saya jangkau saja dengan sambil mendorong/membuka katup throttle) akan lebih baik lagi jika menggunakan Carburetor/Injector Cleaner (namun pada kondisi saat saya buka, saya tidak memiliki Carburetor/Injector cleaner, dan udah malas untuk ke toko, hehehe)

3. Setelah itu pasang kembali Air Filter box
4. Nyalakan mesin
5. Jika terjadi kondisi Lampu Check Engine nyala, dan RPM mesin malah naik turun (seperti yang saya alami waktu itu, sempat bingung juga) lakukan langkah pada link berikut Cara Mengatasi RPM Naik Turun pada Nissan March
6. Selesai

Jika sudah melakukan cara tersebut dan masalah masih muncul, silahkan ke BeRes terdekat


Comments