Tips Cara Merawat AC Mobil

Kali ini saya ingin membagikan sedikit tips untuk merawat AC mobil agar AC March imut kita tetap dalam kondisi performa yang bagus, dikarenakan dunia ini sudah semakin panas, apalagi ditambah dengan atmosfir politik yang kian memanas, sehingga Pendingin/Penyejuk sangat diperlukan,

nah... apa saja sih yang perlu kita lakukan/rawat agar AC kita bisa tetap dingin dan bisa memperpanjang pemakaian parts/komponen dari AC

1. Pastikan Kabin anda selalu bersih dari kotoran/debu, apalagi di bagian kaki depan penumpang dan pengemudi, dikarenakan blower AC berada di bawah dashboard, sehingga angin akan ditarik dari bawah melewati evaporator dan keluar ke ventilasi AC.

2. Lakukan penggantian secara berkala untuk Filter Blower AC (Filter Kabin), untuk filter blower ac nissan march terletak di bagian bawah dashboard (sejajar dengan headunit), untuk melihat lokasinya bisa melalui bagian bawah kaki penumpang depan (lihat gambar)
 untuk membukanya, tinggal tarik saja bagian berwarna putih spt pada gambar, dengan adanya Filter AC bisa meminimalisir agar kotoran tidak masuk ke bagian evaporator, jika evaporator kotor selain membuat AC tidak dingin, dan memperpendek umur Evaporator, bisa juga menyebabkan penyakit, karena udara yang dihirup adalah udara yang kotor.
contoh evaporator kotor
3. Bersihkan kondensor dengan menyemprotkan air yang kencang, kondensor bentuknya seperti radiator, letaknya ada dibagian depan radiator, untuk nissan march, kita bisa membersihkannya melalui kisi-kisi Grill depan (yah sejauh yang bisa dijangkau saja, akan lebih baik, jika selangnya bisa dibengkokkan agar bisa menjangkau yang tidak terlihat melalui grill depan), dengan menyemprotkan air yang kencang ke kondensor, dapat membersihkan debu/kotoroan/serangga yang menempel pada kondensor, apalagi dikarenakan kondensor berada di posisi depan yang rentan dengan debu/kotoran/serangga.

4. Hindari berkendara dengan kaca jendela terbuka saat AC Terpasang, dikarenakan bisa menyebabkan kerja AC semakin berat, karena tidak bisa mencapai suhu udara sesuai dengan temperatur ac yang di setel, jika anda perhatikan, ketika AC dinyalakan dengan kondisi kabin tertutup, selang beberapa saat jika temperatur pada thermistor sudah sesuai dengan setelan temperatur ac, akan terdengar bunyi klik di bagian kompresor ac, itu dikarenakan  temperatur pada evaporator sudah sesuai dengan setelan temperatur ac, dan kompresor akan otomatis mati, dan akan otomatis nyala lagi ketika suhu temperatur mulai naik, sehingga ada jeda untuk komponen AC beristirahat sejenak.

5. Memastikan extrafan bekerja dengan normal

6. Jangan merokok di dalam mobil, karena asapnya yang mengandung nikotin akan menempel pada evaporator, sehingga bisa menyebabkan bau tak sedap di dalam kabin, dan tentunya tidak baik bagi kesehatan.

7. Saat akan menyalakan mobil (starter), pastikan AC dalam kondisi OFF, dan AC harus di OFF kan terlebih dahulu sebelum mesin mobil dimatikan, untuk menjaga komponen kompresor AC.

9. Sesekali, pasang AC dengan kecepatan paling tinggi, gunanya untuk bisa membersihkan sirkulasi ventilasi AC (pastinya ketika anda melakukan cara ini, ketika tidak ada penumpang dan sebaiknya buka semua pintu, agar debu debu yang keluar dari ventilasi AC bisa menyebar keluar)

10. Lakukan service AC secara berkala di Bengkel Resmi, atau di Bengkel AC kesayangan anda.



Comments